RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Pelita Salatiga
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan ke : 1-10
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Elementary
Kompetensi Dasar : 2.2 Memahami percakapan sederhana sehari-hari
baik dala konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli.
Indikator : 1. Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam
kontek kegiatan
sehari-hari
diperagakan dan dijawab dengan benar
2. Pertanyaan dengan pola question tags dalam
konteks kegiatan sehari-hari
diperagakan dengan benar
3. Pertanyaan dengan pola question words dalam
konteks kegiatan seharihari
diperagakan
dan dijawab dengan benar.
4. Berbagai bentuk dan ungkapan digunakan
dengan tepat untuk
membicarakan
kegemaran/hobi dan minat.
5. Ungkapan untuk menangani tamu hotel,
restoran, travel agency, dll.
diperagakan
dengan benar.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggunakan pertanyaan dengan
pola yes-no questions dalam konteks kegiatan
sehari-hari diperagakan dan dijawab
dengan benar.
2. Siswa dapat menggunakan pertanyaan dengan
pola question tags dalam konteks kegiatan
sehari-hari diperagakan dengan benar.
3.
Siswa
dapat menggunakan pertanyaan dengan pola question words dalam konteks
kegiatansehari-hari diperagakan dan dijawab dengan benar
4.
Siswa
dapat menggunakan berbagai bentuk dan ungkapan digunakan dengan tepat untuk membicarakan
kegemaran/hobi dan minat.
5.
Siswa
dapat menggunakan ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency,dll.
diperagakan dengan benar.
B. Materi Pembelajaran
Language Focus
1. Talking about hobbies and interests
a.
Do you
like fishing?
b. What do you like doing in your spare time
2. Guest handling
a. a. What can I do for you, Sir?
b. b. Welcome to our hotel.
c. I hope you enjoy the food.
Grammar Review:
1. Yes – No questions
a.
Am I a
mechanic?
b.
Are
you a secretary?
c.
Is he
a programmer?
2. Question tags
a.
The
board meeting starts at seven, doesn’t it?
b.
The
students do not practice in the laboratory, do they?
3. Questions with question words
a.
Where
does the boss live?
b.
Why do
you come late?
c.
Who
are you?
4. Gerund as subjects and objects
a.
Smoking
is dangerous.
b.
I
don’t like fishing.
c.
We
like swimming
5. Gerund as complement:
a.
Her
job is sorting the mail
b.
My
hobby is jogging
6. Gerund after preposition
a.
Are
you interested in collecting stamps?
7. Constructions with ‘too’ and ‘enough’
a.
The
soup is too salty for me.
b.
The
hotel room is comfortable enough.
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Role-Play (Bermain peran)
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
d. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog dalam
telepon, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh tentang personal pronouns.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal tentang personal
pronouns.
e.
Siswa membuat dialog sederhana
dengan menggunakan on the phone.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja
siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-2:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa tugas rumah siswa
yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
2.
Kegiatan Inti
a. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan
sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan ekspresi on the phone (yang telah dibuat pada
pertemuan sebelumnya) bersama temannya di depan kelas.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
d.
Siswa membuat karangan dengan
menggunakan personal pronouns.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas
hasil/kerja siswa.
b.
Guru menyampaikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk
mempersiapkan/mempelajari materi.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-3:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru membahas tugas rumah yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog tentang
penyampaian pesan, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan
oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh tentang reported speech.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal tentang reported
speech.
e.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja
siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-4:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
- Kegiatan Inti
a. Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada pertemuan
sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b. Siswa membuat kalimat yang menggunakan pola reported speech.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
d.
Siswa membuat/menulis pesan dari
telepon dan seseorang secara langsung.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas
hasil/kerja siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menyampaikan materi yang
akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk
mempersiapkan/mempelajari materi.
d.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-5:
- Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajarannya.
e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada
siswa kemudian siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membacakan kalimat yang
mengandung pola adjective clause kemudian
siswa menulisnya.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan
contoh pola kalimat ajective clause
kemudian siswa mencatatnya.
c.
Siswa mengerjakan
latihan-latihan soal.
d.
Siswa membaca bacaan/teks yang
telah disediakan oleh guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan bacaan tersebut.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja
siswa.
b.
Guru menyampaikan bentuk
ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.
c.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
E. Alat, Media, dan Sumber
Belajar
1.
Alat
LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita
2.
Media
a.
Audio: Cerita
b.
Visual: Gambar
c.
Audio Visual: Video
3.
Sumber
a.
Global Access to the World of
Work Book 2
b.
Pelajaran Bahasa Inggris untuk
SMK Kelas 2
c.
LKS Prasasti Bahasa Inggris
Kelas XI Semester Genap
d.
English Grammar in Use
e.
How to Say It
F. Penilaian
1. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)
2. Jenis Penilaian:
a. Tes Lisan
Dialog berpasangan.
b. Tes Tertulis
1)
Melengkapi
kalimat.
2)
Pilihan
ganda.
3) Membuat paragraf pendek.
Salatiga,
Juli 2011
Mengetahui,
Kepala
SMK Pelita Salatiga Guru
Mata Pelajaran
Drs. Sutikno, M.Pd Ahmad Jauhar M, S.Pd.
1 comments:
kompetensi dasar 2.2 bahasa inggris untuk smk dari kmentrian kan tidak begitu isinya.
Posting Komentar