Rpp bahasa inggris smk



contoh dari rpp untuk smk

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK PELITA SALATIGA
NOMOR 1


Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : X / 2
Pertemuan ke                          : 1- 10
Waktu                                     :  22 X 45 menit
Standar Kompetensi               : Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level novice 
Kompetensi Dasar                   :  1.5 Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
Indikator                                 :
1.    Peristiwa yang sedang terjadi diceritakan dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian
2.    Pernyataan dengan menggunakan “there is/ are” disampaikan dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian
3.    Pertanyaan tentang peristiwa yang sedang terjadi disampaikan dengan tepat
4.    Pengungkapan perasaan/ pendapat tentang peristiwa yang sedang terjadi disampaikan dengan tepat


A. Tujuan pembelajaran          :

1.      Siswa dapat menceritakan peristiwa yang terjadi dengan tepat sesuai dengan waktu dan tempat kejadian
2.      Siswa dapat menyampaikan pernyataan dengan menggunakan “there is/ are” dengan tepat
3.      Siswa dapat menyampaikan pertanyaan tentang peristiwa yang sedang terjadi
4.      Siswa dapat mengungkapkan perasaan/ pendapat tentang peristiwa yang sedang terjadi dengan tepat

B. Materi Pembelajaran:
1.    Words and expressions used in the context of telling or describing events.
·         The students are cleaning the floor
·         When you arrive, the guest will be travelling around the city
2.    Grammar
·         Present Continuous, Future Continuous

3.    Prepositions: in, on, at, under, etc
·         There is a napkin on the table
4.    Sentences using “there + be”
5.    Question about event
·         How/ When did it happen?
6.    Expressions of feeling/ opinions concerning an event
·         I was very shocked to learn about the number of the victims

C. Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

Pertemuan ke 1+2 (4x45menit): Present Continuous Tense

No
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ket
1.









2.














3.







10 Menit









70 Menit














10 Menit







Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan salam kepada murid
2.    Guru mengecek situasi dan peralatan di dalam kelas
3.    Guru membaca presensi siswa
4.    Guru mereview materi yang lalu (expression used in describing event)

Kegiatan Inti
1.    Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep present perfect tense “s + to be (is, am, are)+ verb ing+ object” (elaborasi)
2.    memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan soal present continuous tense (elaborasi)
3.    Guru memberikan beberapa kata-kata, gambar yang berhubungan dengan materi present continuous tense

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi present perfect tense (konfirmasi)
2.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik (konfirmasi)
3.      guru menutup pelajaran dengan salam
Kegiatan Awal:
1.      Murid menjawab salam guru
2.     Siswa  memperkenalkan diri dan menjawab presensi siswa
3.     Siswa berpartisipasi tentang materi

Kegiatan inti
1.      Mendengar informasi tentang present continuous tense. (eksplorasi)
2.      Mengidentifikasi pola present continuous tense benar (elaborasi)
3.      Mengerjakan soal-soal tentang Present continuous    Tense: matching picture with sentences  (listening, writing)
4.      Dialog berisi Present continuous Tense (speaking)
5.      Completing passage (writing)
Kegiatan akhir
1.      Mendengarkan kesimpulan tentang present continuous tense (konfirmasi)




Pertemuan ke  3+4 (4x45menit): Present Future Continuous tense

No
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ket
1.









2.

















3.







10 Menit









70 Menit

















10 Menit







Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan salam kepada murid
2.    Guru mengecek situasi dan peralatan di dalam kelas
3.    Guru membaca presensi siswa
4.    Guru mereview materi sebelumnya

Kegiatan Inti
1.      Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep Present Future continuous Tense “ S+ tobe (is, am, are) + Ving + O (elaborasi)
2.      memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan kalimat kata berbentuk Present Future Continuous Tense
3.       memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok berupa soal-soal Present Future Continuous Tense. (elaborasi)

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi Present Future Continuous Tense (konfirmasi)
2.      memberikan konfirmasi terhadap hasil kerja peserta didik  (konfirmasi)
3.      menjawab pertanyaan dari siswa (konfirmasi)
4.      guru menutup pelajaran dengan salam
Kegiatan Awal:
1.      Murid menjawab salam guru
2.     Siswa  memperkenalkan diri dan menjawab presensi siswa
3.      Siswa berpartisipasi dalam membuka wawasan tentang materi



Kegiatan inti
1.      Mendengar informasi tentang Present Future Continuous Tense (eksplorasi)
2.      Berdiskusi tentang Present Future Continuous Tense (eksplorasi)
3.      Mengerjakan soal-soal tentang Present Future Continuous Tense: matching picture with sentences (listening, writing)
4.      Dialog berisi Present Future Continuous Tense (speaking)
5.      Completing passage (writing)




Kegiatan akhir
1.      Mendengarkan kesimpulan, bertanya tentang Present Future Continuous Tense



Pertemuan ke 5+6 (4x45menit): preposition (in, on, at, under, below, etc)

No
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ket
1.










2.
















3.







10 Menit










70 Menit
















10 Menit







Kegiatan Awal
1.    Guru memberikan salam kepada murid
2.    Guru mengecek situasi dan peralatan di dalam kelas
3.    Guru membaca presensi siswa
4.    Guru memberikan beberapa kalimat yang berhubungan dengan materi preposition

Kegiatan Inti
1.      Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep penggunaan preposition
2.      Memberi penjelasan tentang preposition (in, on, at, under, etc)
3.      memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan soal yang berisi preposition (in, on, at, under, etc) (elaborasi)
4.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok. (elaborasi)

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi preposition (in, on, at, under, etc (konfirmasi)
2.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik (konfirmasi)
3.      menjawab pertanyaan dari siswa (konfirmasi)
4.      guru menutup pelajaran dengan salam
Kegiatan Awal:
1.     Murid menjawab salam guru
2.     Siswa  memperkenalkan diri dan menjawab presensi siswa
3.    Siswa berpartisipasi dalam membuka wawasan tentang materi




Kegiatan inti
1.      Mendengar informasi tentang preposition (eksplorasi)
2.      Berdiskusi tentang preposition (in, on, at, under, etc) (eksplorasi)
3.      Mengerjakan soal-soal tentang preposition (in, on, at, under, etc): matching picture and sentences (listening, writing)
4.      Completing passage (writing)
5.      Dialog about preposition (speaking)




Kegiatan akhir
1.      Mendengarkan kesimpulan tentang adjectives materi preposition (konfirmasi)





Pertemuan ke 7, 8 (4x45menit): Describing location by using” There is, There are”

No
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ket
1.










2.
















3.







10 Menit










70 Menit
















10 Menit







Kegiatan Awal
1.    Guru memberikan salam kepada murid
2.    Guru mengecek situasi dan peralatan di dalam kelas
3.    Guru membaca presensi siswa
4.    Guru membuka wawasan yang berhubungan dengan materi

Kegiatan Inti
1.    Bertanya jawab untuk menemukan suatu konsep describing location using “there is/ there are” (elaborasi)
2.    Menjelaskan bentuk/pattern dari “there is, there are”
3.    memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan adjective set expression (elaborasi)
4.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok. (elaborasi)

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi describing location using “there is, there are” (konfirmasi)
2.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik (konfirmasi)
3.      menjawab pertanyaan dari siswa (konfirmasi)
4.      guru menutup pelajaran dengan salam
Kegiatan Awal:
1.    Murid menjawab salam guru
2.    Siswa  memperkenalkan diri dan menjawab presensi siswa
3.    Siswa berpartisipasi dalam membuka wawasan tentang materi




Kegiatan inti
1.      Mendengar informasi tentang konsep describing location using “there is, there are”. (listening)
2.      Dialog yang berisi describing location using”there is, there are” (speaking, reading)
3.      Mengerjakan soal-soal tentang describing location  (writing)







Kegiatan akhir
1.      Mendengarkan kesimpulan tentang describing location using “there is, there are” (konfirmasi)




Pertemuan ke 9, 10 (4x45 menit: WH question)
No
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Ket
1.










2.













3.







10 Menit










70 Menit













10 Menit







Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan salam kepada murid
2.    Guru mengecek situasi dan peralatan di dalam kelas
3.    Guru membaca presensi siswa
4.    Guru membuka wawasan siswa dengan situasi yang  berhubungan dengan materi

Kegiatan Inti
1.    Bertanya jawab tentang WH question (elaborasi)
2.    Menjelaskan fungsi, bentuk WH question
3.    memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan WH question (elaborasi)
4.    memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok. (elaborasi)

Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi WH question (konfirmasi)
2.      memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplo­rasi dan elaborasi peserta didik (konfirmasi)
3.      menjawab pertanyaan dari siswa (konfirmasi)
4.      guru menutup pelajaran dengan salam
Kegiatan Awal:
1.    Murid menjawab salam guru
2.    Siswa  memperkenalkan diri dan menjawab presensi siswa
3.    Siswa berpartisipasi dalam membuka wawasan tentang materi




Kegiatan inti
1.    Mendengar informasi tentang WH question (eksplorasi)
2.      Berdiskusi, bertanya tentang WH question (eksplorasi)
3.      Mengulang kata tentang WH question (speaking, listening)
4.      Membaca artikel yang berhubungan dengan WH question (reading)
5.      Mengerjakan soal-soal tentang WH question (writing)


Kegiatan akhir
1.      Mendengarkan kesimpulan tentang WH question (konfirmasi)





E. Sumber Belajar / Media :
A. Media                       : Present Continuous Tense, Present Future Continuous Tense, Preposition, Describing location “there is, there are”, WH question.
B.  Alat                 : White board, LCD, Pictures
C.  Sumber            : English in Progress grade X (Yudhistira)
  Pelajaran Bahasa Inggris  untuk SMK kelas I (Balai Pustaka)
  Bahasa Inggris Umum I (Depdikbud)
  Bahasa Inggris untuk SMK semester 2 (New master LKS)
                                Internet  Http://www.scribd.com/


1.      Present Continuous Tense

Material
The use of present continuous tense
a.      To describe something which happening at this time. Untuk menjelaskan kejadian yang terjadi di saat ini ( now, at the moment, right now)
b.      To describe something which happening at present but not right now. Untuk menjelaskan kejadian yang terjadi sekarang tetapi bukan saat ini
c.       To express about repeating action (always, constantly). Untuk mengekspresikan tentang kegiatan yang terjadi berulang-ulang

Pattern/Pola/bentuk umum
a.      Affirmative sentences
SUBJECT + TO BE (is, am, are) + Verb ING + Object complement
Ex: I am reading novel right now
      He is reading novel right now
      They are reading novel right now
b.      Negative sentences
SUBJECT + TO BE (is, am, are) NOT+ Verb ING+ Object complement
Ex: I am not reading novel right now
      He is not reading novel right now
      They are reading novel right now
c.       Introgative sentences
TO BE (is, am, are) SUBJECT + Verb ING + Object complement
Ex: Am I reading novel right now                 answer       Yes I am
                                                                                          No I am not
       Is he reading novel right now                  answer       Yes he is
                                                                                          No he is not
      Are they reading novel right now             answer      Yes They are
                                                                                          No they are not

d.      Contraction/ Pemenggalan
1.      I am  = I’m
 I am not         = I’m not
2.      He is  = He’s
 He is not        = He’s not
3.      She is = She’s
She is not       = She’s not
4.      We are = We’re
We are not      =  We’re not
5.      They are  = They’re
They are not   = they’re not



Penilaian:
1.      Listening
Listen to your teacher and match between pictures and answer
1. The students are studying in the classroom
2. Mr Bagiyo is driving his new car right now
3. She is waiting the bus on the terminal

2.      Speaking
Complete this word into a good one
1.      Andi is having a shower in …
2.      The students are doing the exercises from …
3.      The scientists are doing experimental in the …
4.      Joko and Budi are watching the movie in the …
5.      The welder is combining the metal in the …

3.      Writing
Make the sentences using present continuous tense
1.      He/deliver/the mails/now
2.      Plumber/fix/the water pump/now
3.      The dog/ chase/the cat/ in this moment

4.      Reading
Read this following text and answer the question
It’s a sunny Saturday, and everyone in Tejo Neighborhood is outside today. Tejo is with his bycicle. Daud, his next door, is near his car with a bucket of water and a piece of cloth. Mr Reno is on the lawn with a sickle in his right hand. Some boys are in the yard with the ball. Some girls are in the garden with their jerry-chan full of water. It’s nice day to be outside.
1.      What is Tejo doing?
2.      What is Daud doing?
3.      What is Mr Reno doing?
4.      What are the boys doing?
5.      What are the girls doing?
2.      Present Future Continuous Tense

Pola/ Pattern

a.      Affirmative
       Subject + will/shall+ be+ Verb ING+ Object Complement
       Ex: She will be learning English next week
      I shall be watching football this Saturday evening

b.      Negative
Subject+will/shall+Not + be+ Verb ING+ Object Complement
Ex: She will not be learning English next week
      I shall not be watching football this Saturday evening
c.       Introgative
Will/shall+Subject+be+ Verb ING+ Object Complement
        Ex: Will she be learning English next week?
                 Yes she is,                No she is not
               Shall I be watching football this Saturday evening?
                 Yes I am,                 No I am not

Penilaian
  1. Listening
Listen to the teacher and then match between the pictures and words
a.       The mechanic will be fixing your motorcycle tomorrow
b.      They will be studying computer when the job done
c.       Costumers will be complaining soon if the services is not perfect
  1. Speaking
Complete these words into good sentences
a.       Mr andi will be playing badminton …
b.      We … be … chemistry next Monday morning
c.       I shall be … the material next lesson
  1. Writing
Make sentences using Present Future Continuous Tense
a.       She/cook/the food tomorrow
b.      They/ look/ for you next week
c.       I/eat/the snack after I buy it
  1. Reading
Read this dialogue and then answer it by using Present Future Continuous Tense

                                                                                            Salatiga, 30 July 2010

               Koordinator Normadaptive                                  Guru Mata Pelajaran,


                (H. Sumarsono, S.Pd)                                         (Ahmad Jauhari M, S.Pd )                     


0 comments:

Poskan Komentar